Contoh dan Cara
Lengkap Membuat Surat Resmi
Panduan Cara
Membuat Surat Resmi Yang Benar - Surat pasti tak asing
lagi di mata kita. Dari semenjak kecil kita sudah tahu apa itu surat. Jika
semasa SD kita masih mempelajari dasar membuat surat seperti surat izin tidak
masuk sekolah, lain hal nya dewasa ini kita harus tahu bagaimana sih cara dan
langkah-langkah membuat surat resmi. Surat resmi ini sering di gunakan oleh
suatu badan organisasi, lembaga resmi, perusahaan, dan instansi maupun sekolah.
Kita di tuntut harus bisa membuat surat apabila ke depannya kita bekerja di suatu perusahaan atau sekolah. Seperti contoh kita bekerja di perusahaan dan di tempatkan di bagian surat-menyurat. Kita harus pandai membuat surat resmi dengan aturan dan format yang benar. Tetapi pada kenyataannya saat ini masih ada bahkan banyak yang belum tahu membuat surat resmi. Untuk itu pada penulisan kali ini saya akan memberikan tutorial atau panduan cara membuat surat resmi yang baik dan benar.
Kita di tuntut harus bisa membuat surat apabila ke depannya kita bekerja di suatu perusahaan atau sekolah. Seperti contoh kita bekerja di perusahaan dan di tempatkan di bagian surat-menyurat. Kita harus pandai membuat surat resmi dengan aturan dan format yang benar. Tetapi pada kenyataannya saat ini masih ada bahkan banyak yang belum tahu membuat surat resmi. Untuk itu pada penulisan kali ini saya akan memberikan tutorial atau panduan cara membuat surat resmi yang baik dan benar.
PENGERTIAN
SURAT RESMI
Sebelum kita lanjut mengenai pembuatan surat resmi, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui pengertian atau definisi dari surat resmi itu sendiri. Surat resmi adalah surat yang dibuat dan digunakan oleh suatu lembaga, organisasi, instansi, atau perusahaan resmi tertentu dan di tujukan oleh suatu lembaga, organisasi, dan instansi tertentu lainnya dan dengan maksud dan tujuan tertentu dan telah di sahkan oleh hukum.
Adapun bagian-bagian surat yang harus dipenuhi untuk bisa dikatakan surat itu merupakan surat resmi. Bagian surat ini pun biasanya hanya terdapat pada surat resmi. Berikut bagian-bagian surat tersebut :
·
Kop Surat (Kepala Surat)
·
Nomor, Perihal, dan Tanggal
·
Alamat
·
Salam Pembuka
·
Isi surat
·
Salam Penutup
·
Identitas Pengirim
Dengan adanya bagian-bagian khusus ini kita dapat membedakan mana surat
resmi dan mana surat yang tidak resmi atau surat pribadi. Kemudian bagaimana
cara membuat surat resmi ? Membuat surat resmi berarti membuat surat dengan
berpatokan pada aturan-aturan yang telah di tetapkan secara resmi. Membuat
surat resmi `bisa di bilang gambang-gampang susah. Ya tapi terkadang masih ada
juga tidak sesuai aturan. Tiap-tiap bagian surat pun memiliki aturan-aturan.
Jadi bagi yang belum paham, disini akan kami bahasa bagaimana cara membuatsurat
resmi. Contoh surat resmi tersebut seperti surat lamaran pekerjaan, surat dari
instansi ke instansi lain,
PANDUAN
MEMBUAT SURAT RESMI
Apakah anda sudah tahu cara membuat
surat resmi?, Kalau jawabannya belum, lanjutkan membaca. Dalam penyusunan surat
resmi, tentu kita harus berpedoman dan berpatokan pada aturan yang berlaku.
Untuk mempermudah anda dalam pembuatan
surat resmi yang baik dan benar, saya disini akan membahas masing-masing bagian
surat beserta fungsinya yang terdapat dalam surat resmi, penjelasan lengkapnya
bisa anda baca dalam ulasan berikut ini.
Kepala Surat
Kepala surat atau yang biasa di sebut
kop surat ini berfungsi mempermudah penerima untuk mengetahui pengirim dari
surat resmi tersebut. Kepala surat berisi alamat dan instansi atau lembaga
pengirim. dan ciri-ciri kepala surat ini berada di paling atas dan terdapat
garis hitam tebal sebagai pembatas.
Nomor, Perihal, dan Tanggal
Nomor surat berisi urutan surat yang
dikeluarkan, kode surat, tahun, dan kode tujuan mengirim atau menerima. Perihal
berfungsi agar penerima mengetahui inti atau tujuan dari surat resmi tersebut
tanpa harus membaca keseluruhan isi surat tersebut. Sedangkan tanggal berisi
tanggal dan hari pembuatan surat.
Alamat
Alamat surat terbagi atas dua macam.
Pertama alamat yang ditulis di dalam surat dan kedua alamat yang di tulis di
sampul surat. Fungsi alamat pada surat adalah sebagai berikut.
·
Mengetahui kepada siapa surat akan dikirim.
·
Penanda Arsip surat
·
Mempermudah pengirim untuk membawa ke penerima.
Salam Pembuka
Salam pembuka digunakan sebagai pembuka
dari isi surat.
Isi Surat
Dalam pembuatan surat resmi harus
memperhatikan beberapa faktor seperti faktor bahasa. Bahasa yang baik dan mudah
di mengerti akan mendapatkan simpati dari si penerima. Faktor lain yang harus
di perhatikan yaitu isi surat harus jelas, singkat, padat, dan tentunya
menarik. Biasanya jika itu surat undangan, menyertakan hari
dan tanggal, waktu pelaksanaan, dan tempat pelaksanaan.
Penutup
Salam penutup digunakan untuk menutup
isi dari sebuah surat dan sebagai rasa permohonan dan terima kasih kepada
penerima.
Contoh Surat Resmi :
Itulah tadi sedikit
panduan dan contoh membuat surat resmi. Semoga materi ini bermanfaat bagi anda
sekalian. Terima kasih telah berkunjung.
0 komentar:
Posting Komentar